Senin, 10 September 2012

Pejabat Tinggi Al Qaeda Terbunuh di Yaman

Foto :  Said al-Shehri (Reuters)Pemerintah Yaman melaporkan, pria yang wakil Pimpinan Al Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP), Said al-Shehri tewas terbunuh. Sebanyak enam orang militan Al Qaeda lainnya juga ikut tewas dalam operasi militer yang dilakukan pasukan Yaman.
Shehri yang merupakan warga Arab Saudi yang baru saja dibebaskan dari penjara Guantanamo di Kuba. Pria itu menjadi komando kedua militan Al Qaeda di wilayah Timur Tengah. Shehri terbunuh lewat operasi militer Yaman di Provinsi Hadramout. Kementerian Pertahanan Yaman juga tidak menjelaskan secara detil mengenai tewasnya Shehri.
Kabar mengenai kematian Shehri juga cukup beragam, Shehri sebelumnya dikabarkan tewas pada Rabu pekan lalu lewat serangan pesawat pengebom tak berawak milik Amerika Serikat (AS). Beberapa sumber juga melaporkan bahwa warga Arab Saudi dan Irak ikut tewas dalam operasi pesawat pengebom itu. Demikian, seperti diberitakan Reuters, Selasa (11/9/2012).
AS mendeskripsikan Shehri sebagai pria yang cukup berpengaruh di Al Qaeda. Shehri ditahan di Guantanamo pada Januari 2002, setelah dirinya ditangkap oleh aparat keamanan Pakistan. Pentagon juga menyebut Shehri sebagai tahanan yang sangat berbahaya dan mengancam AS.
Sementara itu Arab Saudi memandang Shehri sebagai fasilitator militan Al Qaeda di Arab Saudi yang hendak pergi ke Afghanistan melewati Iran. Pada 2007, Shehri dibebaskan dan dipulangkan ke Arab Saudi untuk menjalani program rehabilitasi khusus bagi anggota militan.
Namun Shehri memutuskan untuk kembali berperang di Yaman dan menjadi pejabat tinggi AQAP. Saat itu, Shehri langsung dimasukkan ke dalam daftar buronan di Yaman. - See more at: http://dapur-tutorial.blogspot.com/2012/11/cara-membuat-read-more-otomatis-di-blog.html#sthash.fUxpNOOb.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar